Rabu, 16 Agustus 2017

10 DESTINASI WISATA DI GRESIK

http://www.jasakitasvisa.net/

Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi ?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

1. PULAU BAWEAN

http://www.jasakitasvisa.net/

Meski letaknya di tengah-tengah Laut Jawa, Pulau Bawean ini masih bagian dari Kabupaten Gresik. Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut.

Selain itu, ada rusa Bawean (Axis kuhli), spesies endemik yang dijadikan sebagai maskot bagi Kabupaten Gresik. Untuk menuju kemari, kamu bisa menumpang kapal cepat ekspres bahari milik swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang. Datanglah ke pulau ini dan buktikan sendiri keelokannya.

Pulau ini menawarkan keindahan pasir putih bersih dan memiliki laut yang cukup bersih di bandingkan dengan laut-laut di pesisir utara Jawa lainnya. Di Pulau Bawean, kalian dapat melihat spesies rusa langka, yaitu Rusa Bawean. Lokasi pulau ini cukup jauh, yaitu sekitar 120 Km dari pusat Kota Gresik. Dari pelabuhan, kalian dapat menggunakan speedboat untuk lebih cepat menuju ke Pulau Bawean. FYI, pulau ini merupakan salah satu wisata di Gresik yang terkenal memiliki berbagai objek wisata mengagumkan.

2. PULAU GILI GRESIK

Pulau Gili Gresik merupakan salah satu objek wisata di Gresik yang sedang hits di Instagram. Di lokasi ini, kalian dapat merasakan hidup di sebuah pulau yang hanya dihuni tidak lebih dari 700 Kepala Keluarga. Apabila kalian dari Pulau Bawean, kalian hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 2,3 Km saja. Sangat dekat bukan?.

menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam. Selain itu, Pulau Gili juga menawarkan keindahan pasir putih bersih yang menjadi magnet bagi banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menaiki perahu sekitar 30 menit dari “home land” Kabupaten Gresik.



3. PASIR PUTIH DELEGAN

http://www.jasakitasvisa.net/
Pantai Delegan adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Gresik, sehingga tak heran kalau tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, ini memiliki pasir putih yang lembut serta ombak yang kalem.

Fasilitas yang dimiliki pantai ini memang masih terbilang sederhana karena hanya dikelola oleh warga setempat. Tapi, kamu dijamin bisa main air sampai puas, deh! Tempat ini juga sering dijadikan lokasi perlombaan bahari setiap bulan Agustus.

4. TELAGA NGIPIK

http://www.jasakitasvisa.net/
Panas dan sumpek, itulah yang dirasakan saat kamu memasuki kawasan industri Gresik, di mana terdapat banyak industri dan pabrik di daerah ini. Tapi tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa kok menikmati suasana yang sejuk dan asri di tengah kota. Datang aja ke Telaga Ngipik atau yang dikenal juga dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Telaga Ngipik menjadi oase di tengah sumpek nya kawasan industri kota Gresik. Letaknya hanya sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Di sini, kamu bisa menikmati semilir angin dan rindangnya pepohonan yang hijau, dengan panorama telaga sebagai daya tariknya. Selain itu, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air seluruh Indonesia atau PSASI Jatim, lho.

Mau mengurus Papsor KLIK SAJA 

, 5. BUKIT JAMUR

http://www.jasakitasvisa.net/

Percaya gak, di Gresik ada bukit jamur yang terdiri dari jamur-jamur raksasa? Kalau gak percaya, datang aja ke bukit kapur di kecamatan Bungah. Di sana kamu akan menemukan “jamur-jamur” raksasa berjajar dengan eloknya.

Berjarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini juga adalah salah satu lokasi bekas galian yang kini nge-hits sebagai tempat wisata. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini. Hm, pasti seru nih, mejeng dan foto-foto di sini!

6. AIR TERJUN LACCAR GRESIK (PULAU BAWEAN)

http://www.jasakitasvisa.net/

Air terjun ini berlokasi di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Air terjun tersembunyi ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 20 meter, dan memiliki pemandangan tebing hijau yang mengagumkan. Kondisi alam air terjun ini masih cukup alami, sehingga wisatawan yang datang dimohon untuk selalu terlibat dalam kelestarian wisata alam Gresik ini.

7. SENDANG BIRU (DANAU BERWARNA BIRU)

http://www.jasakitasvisa.net/


Desa Lowayu, kecamatan Dukun, Gresik, ternyata menyimpan potensi wisata yang unik dan bisa dibilang ajaib bernama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya yang berarti kolam air biru, sendang ini memiliki air yang benar-benar biru. Padahal, perairan yang ada di sekitarnya gak ada yang sebiru ini, tuh.

Sampai sekarang memang belum ada penelitian ilmiah untuk mencari tahu sebab air sendang ini bisa berwarna biru. Tapi, aroma belerang terasa jelas bila kita mendekati sendang ini. Oh iya, air sendang ini dipercaya warga bisa menyembuhkan berbagai penyakit, lho.
8. Gresik juga tenar sebagai kota Wali. Jangan terlewat untuk melakukan wisata ziarah ke makam Sunan Gresik di desa Gapuro Sukolilo

Selain menjadi kawasan industri, Gresik juga dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Makanya, gak heran jika di sini kamu bisa menemukan sejumlah lokasi wisata ziarah dari beberapa tokoh penyebar agama Islam, salah satunya adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal juga dengan Sunan Gresik.

Di bagian pendopo dari kompleks makam yang terawat ini, kamu bisa menemukan tiga buah makam yang serupa tapi memiliki ornamen serta ukuran yang sedikit berbeda. Di ujung kiri adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, sementara di sebelahnya adalah makam sang istri dan putranya. Kamu bisa melihat ketiga makam ini dari dekat sekalian bergabung dengan peziarah lainnya.

Selain makam Maulana Malik Ibrahim, di Gresik kamu juga bisa mengunjungi makam Sunan Giri di desa Giri, makam Sunan Prapen yang merupakan cucu Sunan Giri di desa Klangonan, serta makam Fatimah binti Maimun di desa Klangonan yang dipercaya sebagai makam Islam tertua di Asia Tenggara.

8. WISATA RELIGI MAKAM SUNAN GIRI GRESIK

http://www.jasakitasvisa.net/

Wisata Religi selanjutnya yang kita bahas adalah Makam Sunan Giri, yang berlokasi di Desa Giri, Kecamatan Gresik. Untuk mencapai makam yang terletak di atas bukit, kita harus menaiki ratusan anak tangga.

9. TAMAN MANGROVE UJUNGPANGKAH GRESIK

http://www.jasakitasvisa.net/

10. DANAU KASTOBA GRESIK

http://www.jasakitasvisa.net/


Salah satu danau unik yang ada di Jawa Timur adalah Danau Kastoba, yang berlokasi di Desa Paronaman, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Danau ini terletak di atas sebuah Bukit di Pulau Bawean. Danau Kastoba memiliki air yang cukup jernih, dan memiliki suhu udara yang cukup sejuk, sangat kontras dengan wilayah pesisir utara Pulau Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar